Monday, December 12, 2016

Goa Pindul : Wisata Cave Tubing Terindah Di Jogja

Goa Pindul
Goa Pindul
Kali ini Info Travel Jogja akan membahas tempat wisata yang eterkenal dengan raftingnya yaitu Goa Pindul. Goa Pindul adalah salah satu dari 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah di Desa Bejiharjo, Karangmojo. Goa Pindul sendiri memiliki panjang sekitar 350 m dengan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa Pindul memiliki 3 zona, yaitu
zona terang, zona remang, dan zona gelap. Waktu untuk menempuh 3 zona ini diperlukan sekitar 45 menit.

Cave tubing



Bagian dalam Goa Pindul
Bagian dalam Goa Pindul
Cave tubing mirip dengan rafting (arung jeram). Bedanya dengan rafting, rafting adalah kegiatan menelusuri sungai dengan menggunakan perahu, sementara cave tubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Tentunya ini akan menjadikan pengalaman yang menarik sekaligus menegangkan. Cave tubing bisa juga dikenal denga aktivitas yang memadukan body rafting dan caving. Kita tidak perlu ada persiapan khusus untuk melakukan cave tubing di Goa Pindul. Peralatan yang dibutuhkan untuk cave tubing hanya ban pelampung, life vest, serta head lamp. Buat kalian jangan khawatir, karena persiapan itu sudah disediakan  pengelola. Aliran air yang tenang di Goa Pindul ini membuat kita tidak perlu khawatir jika akan mengajak anak – anak hingga wanita hamil.
Agar airnya tidak terlalu dingin, waktu yang cocok untuk cave tubing sekitar 09:00 WIB atau 10:00 WIB. Selain karena airnya yang dingin, pada waktu – waktu tersebut jika cuaca sedang cerah akan ada sinar matahari yang masuk melalui celah besar di atap goa.

Sejarah



Keindahan Goa Pindul
Keindahan Goa Pindul
Selama perjalanan biasanya pemandu bercerita tentang asal – usul nama Goa Pindul. Menurut legenda, nama Goa Pindul dan nama goa lainnya berdasarkan cerita pengembaraan Joko Singlulung mencari ayahnya. Setelah menjelajahi hutan lebat, gunung, dan sungai, Joko Singlulung juga memasuki goa – goa yang ada di Desa Bejiharjo. Lalu ketika memasuki salah satu goa, Joko Singlulung terbentur batu. Jadi goa tersebut dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata Pipi Gebendul.



Pemandangan didalam Goa

Goa Pindul
Goa Pindul
Didalam goa ini juga terdapat ruangan ditengah goa, didalam ruangan tersebut ada lubang dibagian atas yang biasnaya warga sekitar menyebutnya sumur terbalik. Lubang diatas itu digunakan untuk jalan masuk vertical, bagi TIM SAR atau latihan. Ketika menelusuri goa,kita akan menemukan stalagit yang sudah menyatu dengan stalagmit. Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia. Karena menyatu, tampak seperti pilar dengan ukuran sekitar 5 rentangan tangan orang dewasa. Dengan tambahan sinar matahari yang masuk membuat suasana didalam ruangan bagian tengah goa itu semakin indah. Di zona terang, bisa berenang dan juga lompat indah.


Paket Cave tubing Pindul

1.      Jasa pemandu
2.      Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp )
3.      Asuransi
4.      Biaya Rp 35.000/ orang (Wisatawan Lokal)
5.      Biaya Rp 50.000/ orang (Wisatawan Mancanegara)
6.      Biaya Retribusi masuk kawasan Pindul : Rp.10.000 / orang


Alamat Goa Pindul yaitu : Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Maps :

Info lengkapnya bisa di cek di http://goapindul.com/cave-tubing-goa-pindul/

Atau hubungi : 0812 2944 9004 | 0857 2954 3819 | 0819 0407 1919 | 2B104808 | CaveTubingPindul@gmail.com

Semoga artikel ini bermanfaat.. Kritik dan saran sangat ditunggu penulis. Silahkan tinggalkan kritik dan saran di Kolom Komentar. 


Artikel Lainnya

No comments:

Post a Comment