Saturday, December 10, 2016

Desa Wisata Kasongan : Desa Penghasil Kerajinan Gerabah Modern Nan Mewah


Sentra Industri Kerajinan Gerabah Kasongan
Sentra Industri Kerajinan Gerabah Kasongan
Kali ini Info Travel Jogja akan mengulas tentang Desa Kasongan. Sebelum kita membahas semakin banyak tentang Desa Kasongan ini, kita harus tau Desa Kasongan itu apa? Desa Kasongan atau yang sering di kenal dan disebut Desa Wisata Kasongan adalah desa yang dibina oleh seorang seniman besar kota Jogja, yaitu Sapto Hudoyo. Masyarakat di Desa Kasongan ini sejak dahulu notabene bekerja serabutan. Bekerja serabutan itu untuk apa? Bekerja serabutan untuk mengembangkan seni – seni yang dapat kita olah menjadi gerabah di Desa Kasongan ini. Pada dasarnya, gerabah adalah hal yang cukup diremehkan oleh sejumlah masyarakat. Tetapi, sejak Desa Kasongan ini bangkit dengan seni gerabah nya, gerabah menjadi seni yang dinamis, dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pada tahun 1980an mulai dikembangkan dalam skala yag besar oleh Sahid Keramik. Di Desa Kasongan ini menyediakan beberapa galeri kursus singkat untuk membuat kerajinan gerabah ini. Hasil karyamu bisa di bawa pulang loh! Kita juga bisa melihat proses – proses pembuatan gerabah di beberapa rumah prosuksi di Desa Kasongan.
  

Macam Kerajinan Seni Gerabah

Kerajinan Gerabah Kasongan
Kerajinan Gerabah Kasongan
Gerabah Sendiri adalah barang – barang kerajinan yang berbahan dasar tanah liat. Awalnya gerabah sendiri hanya dikembangkan untuk alat – alat dapur. Tetapi, seiring berjalannya waktu gerabah berkembang di Desa Kasongan menjadi seni yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan juga lebih variatif.  Kerajinan yang memiliki banyak bentuk dan motif modern dan artistik membuat menarik perhatian para wisatawan asing ataupun wisatawan dalam negeri. Tanah liat ini adalah bahan yang tidak mudah pecah, sehingga dapat dibuat menjadi bermacam – macam kesenian gerabah. Macam nya adalah Keramik Guci, Air Mancur, Loro Blonyo, Patung Buddha, Terra Cotta, dan lain – lain. Tidak hanya menggunakan tanah liat saja, sekarang di Desa Kasongan juga menggunakan bahan lainnya, seperti batok kelapa, bamboo, rotan, kayu dan bahan lainnya yang dapat di olah menjadi kerajinan bernilai tinggi. 

Para Pembuat Kerajinan Gerabah Kasongan
Para Pembuat Kerajinan Gerabah Kasongan
Uniknya, pada tahap akhir pembuatannya memakai sentuhan akhir berupa cat. Sehingga gerabah menjadi lebih awet dan menjadikan gerabah ini memiliki banyak pilihan warna dan motif. Guci Kasongan memiliki kesan mewah dan glamor karena menggunakan finishing berupa mozaik potongan keramik kecil – kecil yang menjadikan Guci Kasongan lebih elok. Sangat cocok untuk dijadikan hiasan di rumah anda. Untuk patung, banyak macam patung yang diproduksi seperti Patung Semar dan Punakawan, Buddha, atau macam – macam binatang. Patung yang paling menarik aalah patung sepasang kekasih, Patung Loro Blonyo dan Wuwung (hiasan atap rumah). Patung ini menjadi favorit para wisatawan karena coraknya yang sangat berseni dan berkelas. Patung Loro Blonyo pertama kali dikenalkan oleh Galeri Loro Blonyo. Patung ini mengadopsi patung pengantin milik Kraton Yogyakarta.

Harga dan Peta

Kerajinan Gerabah Modern Dengan Sentuhan Warna Mewah
Kerajinan Gerabah Modern
Harga gerabah di Desa Kasongan tergantung dari tingkat kesulitan produksi dan juga ukuran gerabah. Gerabah diberi harga mulai dari Rp. 5.000,- an sampai Jutaan Rupiah. Souvenir yangdisediakan seperti tempat pensil, asbak, tempat lilin, dan patung mini memiliki harga yang relative murah, cocok untuk oleh – oleh. Anda juga bisa menawar harga di Desa Kasongan ini. 

Alamatnya : Kasongan, Kasihan, Tirtonirmolo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55184. Rute untuk menuju Desa Kasongan jika dari pusat kota, berjarak sekitar 8 – 10 KM. Bisa di tempuh melalui Pojok Benteng Kulon ke selatan menuju jalan Bantul. Setelah menemukan perempatan Dongkelan (perempatan Ring Road Selatan – Jalan Bantul ) lurus saja, ikuti jalannya terus. Dari perempatan Dongkelan ini membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai Desa Kasongan. Selama perjalanan dari pusat kota sampa Desa Kasongan anda dapat emnikmati suasa diperjalanan yang tidak membuat anda bosan. Ketika sudah sampai di Desa Kasongan, akan ada gerbang masuk besar untuk menuju ke Desa Kasongan.
Gerbang Masuk Besar Menuju Desa Wisata Kasongan
Gerbang Masuk Besar Menuju Desa Wisata Kasongan


Bingung? Kita cek di Maps aja deh ! 
Semoga bermanfaat, and happy weekend ! 

Referensi : 
  1. http://santapjogja.com/desa-wisata-kasongan-surga-bagi-kolektor-gerabah-antik/
  2. http://www.telusurindonesia.com/gerabah-di-kasongan-jogja.html#

No comments:

Post a Comment