Saturday, December 3, 2016

Cerita Mistis Dibalik Keindahan Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis : Nyi Roro Kidul
Pantai Parangtritis : Nyi Roro Kidul

Siapa yang tidak kenal dengan pantai yang indah ini? Pantai yang terletak 27 km selatan kota jogja ini sangat mudah dicapai dengan berbagai macam alat transportasi umum yang tentunya beroperasi hingga sore hari. Salah satu yang dicari para pengunjung yaitu keindahan sunset nya yang sangat menyejukkan mata dan sangat bagus untuk kalian yang ingin menikmati moment romantis bersama pasangan anda. 

Sunset di Pantai Parangtritis
Sunset di Pantai Parangtritis


Berbicara tentang pantai parangtritis ini tentunya tidak lepas dengan cerita Ratu kidul. Banyak orang yang percaya bahwa pantai parangtritis ini merupakan sebuah gerbang kerajaan gaib yang dikuasai oleh ratu kidul. Cerita tentang sosok ratu kidul ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Banyak mitos yang berkembang tentang sosok ratu kidul ini. Salah satunya yaitu mitos tentang larangan memakai baju berwarna hijau. Tidak ketahui sejak kapan mitos ini beredar, di pantai parangtritis pengunjung dilarang menggunakan baju yang berwarna hijau, baik itu hijau tua maupun hijau muda, yang jelas warna hijau dilarang digunakan. Mitosnya baju warna hijau ini adalah warna baju yang sangat disukai nyi roro kidul terlebih lagi yang memakainya adalah seorang pria. Ratu kidul akan merekrut lelaki yang memakai baju hijau sebagai prajurit di kerajaan nya. Mitos ini semakin kuat dengan adanya kejadian seorang pengunjung pantai yang menurut masyarakat sekitar pengunjung tersebut tidak mengetahui mengenai mitos memakai baju hijau. pengunjung itupun akhirnya hilang dan ditemukan sosok mayat yang menggunakan baju hijau di keesokan harinya.

Nyi roro kidul dipercayai banyak orang sebagai penguasa pantai selatan. Maka tidak heran kita mendengar istilah seperti ratu pantai selatan. Menurut cerita masyarakat sekitar, nyi roro kidul dapat menyamar menjadi sosok wanita yang cantik.

Ada lagi mitos yang menyatakan bahwa nyi roro kidul ialah dewi nawagmulan yang merupakan istri dari jaka tarub. Mungkin sebagian orang mengetahui kisah tentang jaka tarub yang dikisahkan bahwa dewi nawagmulan dikutuk oleh kerajaan langit menjadi sebangsa jin atau makhlul gaib yang diperintahkan untuk menjaga laut selatan. Penyebab dikutuknya adalah karena dia menikahi seorang manusia yaitu jaka tarub.

Selain mitos angker nya pantai parangtritis tersebut, ternyata dalam dunia ilmiah juga menjelaskan bahwa di pantai parangtritis terdapat pasir besi. Dimana pasir tersebut memiliki struktur yang tidak rapat dan pasir ini tidak dapat menahan beban diatasnya, sama halnya seperti lumpur yang dapat terhisap di dalamnya.

Artikel Terkait:

Artikel Sebelumnya:

No comments:

Post a Comment