Wednesday, December 14, 2016

Berkunjung Ke Malioboro? Jangan Lewatkan Tempat Menarik Berikut!



Berkunjung ke kota Yogyakarta menjadi suatu agenda liburan yang menyenangkan. Kota yang memiliki berbagai wisata alam, kuliner membuat para wisatawan betah. Malioboro sendiri termasuk tempat yang menjadi salah satu tujuan dari wisatawan, karna sebagai surganya belanja dan mematok harga yang cukup murah. Tidak hanya mengunjungi malioboro, tentunya banyak tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi disekitaran malioboro. Apa saja itu? Yuk simak artikelnya:

1. Titik Nol Kilometer


Suasana Titik 0 KM Malam Hari
Suasana Titik 0 KM Siang Hari

Titik nol kilometer merupakan sebuah titik yang menjadi patokan jarak antara daerah di Yogyakarta dengan kota lain diluar Yogyakarta. Rata-rata banyak orang yang tidak tahu tentang dimana keberadaan titik nol kilometer. Sebagian orang beranggapan jika titik nol kilometer berada di KeratonYogyakarta, bahkan ada juga yang beranggapan bahwa titik nol kilometer berada di Tugu jogja ( Tugu Pal Putih ).

Titik nol kilometer ini berada di ujung jalan malioboro atau sekitar lintasan alun-alun utara. Titik nol ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika malam hari.suasana yang romantic menjadikan titik nol kilometer ini sebagai tempat hangout bersama teman atau orang tercinta. Banyak hiburan dan atraksi yang bisa dilihat dari tempat ini, sehingga membuat wisatawan selalu rindu untuk kembali kesana.

2. Kawasan Wijilan


Kawasan Wijilan

Kawasan wijilan memiliki nama tersendiri bagi para wisatawan yang pernah mengunjungi kota jogja. Berasal dari nama jalan “Wijilan”, kawasan yang terkenal sejak puluhan tahun ini menawarkan beranekaragam kuliner gudeg yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Memiliki cita rasa yang enak membuat nama wijilan populer dikalangan wisatawan.

Tidak sulit untuk menemukan jalan ini, karna berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Ketika memasuki kawasan wijilan, para wisatawan akan disambut dengan pintu masuk seperti lorong berbentuk gerbang putih yang biasa disebut Plengkung Gading.

Kawasan wijilan ini khusus menawarkan kuliner gudeg, untuk bisa menikmati seporsi gudeg dihargai sekitar Rp.10.000-20.000 , untuk gudeg kendilnya seharga Rp.40.000-200.000. gudeg kendil sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga tercinta.

ALAMAT:

Jalan Wijilan Yogyakarta

 

3. Taman Sari


Taman Sari
Istana Air Taman Sari

Taman sari merupakan tempat wisata sejarah yang ada di Yogyakarta. Terletak dekat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman sari ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan. Sekarang, istana air taman sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang sangat popular dikota ini.

Bangunan ini memiliki luas sekitar 10 hektar, dengan 57 bangunan diantaranya: kolam pemandian, kanal air, taman, lorong bawah tanah serta beberapa gedung dengan arsitektur china, jawa, eropa, budha, hindu dan islam.

Biasanya ketika memasuki taman sari ini akan menemui beberapa orang yang menawarkan jasa sebagai pemandu, mereka tidak mematok tarif khusus. Namun biasanya wisatawan memberikan uang Rp.25.000 untuk jasa mereka.

HARGA TIKET:
Wisatawan Lokal Rp.5000
Wisatawan Asing Rp.7000

JAM BUKA/TUTUP:
Pukul 08.00-14.00

ALAMAT:
Jalan Komp Taman Sari, Keraton Yogyakarta


4. Museum Sonobudoyo


Museum Sonobudoyo
Koleksi Keris di Museum Sonobudoyo
Koleksi Sepeda di Museum Sonobudoyo

Museum ini merupakan salah satu museum yang terlengkap di Indonesia selain museum nasional Jakarta. Museum sonobudoyo menyimpan sekitar 1200-an beragam koleksi keris dari seluruh penjuru nusantara diantaranya dari Solo, Madura, Yogyakarta, Madura, Kalimantan dan Sulawesi. 

Museum ini terdiri dari 2 unit yakni unit pertama berada di dekat alun-alun utara dan yang unit kedua berada di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta. 

HARGA TIKET:
Wisatawan Lokal Rp.2500-3000
Wisatawan Asing Rp. 5.000

JAM BUKA/TUTUP:
Pukul 08.00-15.30

ALAMAT:
Jalan Pangurakan No 6 Yogyakarta


5. Mirota Batik (Hamzah Batik)


Mirota Batik (Hamzah Batik)

Mirota batik merupakan sebuah toko oleh-oleh yang berada diujung malioboro. Sesuai namanya, toko ini didesain unik oleh sang pemilik yang bernama Hamzah Hendro Sutikno yang merupakan seniman kabaret terkenal asal jogja. Mirota batik ini memiliki sejarah panjang, asal mula nama mirota batik diambil dari nama usaha orangtua pak hamzah yaitu minuman roti tawar (mirota).

Mirota batik merupakan surga belanja bagi para wisatawan yang sedang mencari oleh-oleh berupa kerajinan, kain batik, aromaterapi, jamu, kosmetik tradisional khas jogja. Selain itu wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatan kain batik. 

JAM BUKA/TUTUP:
Pukul 11.00-21.00

ALAMAT:
Jalan Jend A. Yani No 9 Yogyakarta


Artikel Terkait:
Mengintip 3 Spot Foto Outdoor Di Jogja 
Siapa Sangka! Candi Di Jogja Ini Memiliki Spot Sunset Yang Keren!! 
Yuk Kenali, 3 Angkringan Legendaris Di Jogja!!  
KEREN PARAH!! 4 Hotel Ini Memiliki View Rooftop Pool Spektakuler!! 
Tinggal Di Kaliurang? Jangan Lewatkan 3 Kuliner Wajib Ini!! 
Yuk! Nikmati Keindahan Jogja Dari Tempat Keren Ini!!  
Iniloh Kuliner Yang Wajib Di Cicipi Ketika Mblusuk Di Jogja! Berani Coba? 
Hanya Di Jogja! Resto Yang Bikin Narapidana Bahagia 
Batik Kayu! Tradisi Tersohor Ala Desa Krebet! 
Pecel Senggol! Jajanan “Tahan Marah” Khas Beringharjo Jogja! 
Yuk Cicipi! Bir Non Alkohol Racikan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII! 
Nagih! Jajanan Kulonprogo, Sekali Kunyah Langsung Bilang Enak Banget! 
Yuk Nikmati! Minuman Sampah Khas Imogiri Jogja Yang Berkhasiat  

No comments:

Post a Comment